05 September 2008

SEJARAH CIPTA SEJATI

“Cipta Sejati”, selanjutnya disebut dengan “CS” adalah Institut Seni Bela Diri Silat yang mengajarkan “tenaga dalam”, juga dikenal dengan istilah Prana atau Chi (Ki). Diantara manfaat terpenting bagi peserta latih adalah dapat meningkatkan dan memelihara kesehatan, pengobatan diri sendiri dan orang lain (bidang kesehatan). Kewaskitaan secara umum juga digunakan untuk mengatasi semua problem gangguan dalam kehidupan baik secara nyata (fisik) maupun non fisik (gaib). Namun keilmuan “CS” bersifat pasif (defensif), dalam arti dapat bekerja pada saat terdesak (darurat) saja, yaitu saat ingin membela diri. Tidak dapat digunakan untuk menyerang. Setiap siswa dibimbing secara moral, sehingga untuk dapat naik tingkat dituntut untuk mengamalkan dan mengembangkan ilmu “CS” dalam kebaikan. Nilai-nilai ajaran Islam menjadi landasan pendekatan, pemahaman dan pengembangan keilmuan “CS”. Setiap anggta “CS” sangat tidak dianjurkan berhubungan dengan makhluk astral (jin). Latihan yang dilakukan adalah senam, senam pernafasan, gerakan jurus silat, konsentrasi / pemusatan dan pemanfaatan tenaga dalam / prana.

“Cipta Sejati” yang berpusat di Banjarmasin, sesungguhnya telah mulai hadir dan berkegiatan di kota Medan dan sekitarnya sejak tahun 1998.

Sifat.

Keilmuan CS Bersifat Pasif (Defensif) dalam arti hanya dapat bekerja hanya pada saat terdesak (darurat) saja,yaitu pada saat ingin membela diri.jdi tidak dapat mendahului menyerang lawan.Hal ini menguntungkan dari satu sisi karena dapat encegah pemegang ilmu berbuat semena-mena dengan ilmunya.

Syarat

Dalam CS ada empat pantangan (ketentuan) yang tidak boleh dilanggar secara mutlak ,yaitu:

1.Tidak boleh melawan (duhaka) pada orang tua.

2.Tidak boleh merusak pagar ayu.

3.Tidak boleh makan daging babi

4.Tidak boleh Mabuk .

Dan satu larangan sebagai pelengkap ,yaitu tidak boleh sombong. Seseorang yang ingin menjadi anggota CS dipersyaratkan untuk dapat menyetujui empat pantangan dan satu larangan tersebut.Kemudian akan diperkenalkan dan menguasai 10 jurus dasar CS.

Manfaat

CS dapat digunakan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan/pengobatan diri sendiri dan orang lain (bidang kesehatan),Kewaskitaan dan secara umum juga digunakan untuk mengatasi semua problem/gangguan dalam kehidupan,baik secara nyata (fisik) maupun Non fisik (gaib) Karena CS seperti energi pelindung yang dapat memahami kebutuhan kita,sehingga akan bekerja setiap kali -dibutuhkan.Setiap Siswa di CS dibimbing secara moral,sehingga untuk dapat naik ketingkat yang lebih tinggi dituntut untuk mengamalkan dan mengembangkan ilmunya dalam kebaikan.Secara tidak langsung hal ini mendidik anggotanya untuk tetap dalam kebaikan dan semakin mendalami nilai – nilai ajaran agama Islam.

2 komentar:

aang saputra mengatakan...

asallam salam kenal saya anggota cipta sejati cabang kalsel tempat tinggal di ranting sukaramah,kec panyipatan,kab tanah laut.trimakasih

bayu nugraha mengatakan...

asallam salam kenal kulo agota cipta sejati saking cabang kudus kecamtan kota kabpaten kudus