05 September 2008

EKSISTENSI PENCAK SILAT DI INDONESIA


Pencak silat merupakan salah satu budaya asli bangsa Indonesia yang berupa seni bela diri tradisional, yang mana seni bela diri tersebut paling sedikit terdiri dari empat unsur yang diantaranya olah raga, seni , bela diri dan mental spiritual. Kurang dari empat unsur tersebut bukan dalam kategori pencak silat.

Bila ditinjau dari corak / jenis dan perkembangannya, seni bela diri silat di Indonesia sangat beragam. Hal tersebut terjadi karena banyaknya aliran-aliran yang tumbuh di bumi NUSANTARA ini dengan latar belakang sejarah yang berbeda.

Dengan beragamnya aliran-aliran bela diri silat yang ada di Indonesia, maka budaya tersebut merupakan salah satu kekayaan bangsa Indonesia yang tak ternilai harganya.

Peran Pencak silat terhadap ketahananan nasional, seni bela diri ini dapat dipergunakan sebagai filter budaya dari luar yang masuk ke Indonesia. Selain itu pada era orde lama (pada dekade tahun 1960 an), dimana pada saat itu keberadaan kesenian banyak yang masuk dalam naungan partai politik misalkan Lembaga kesenian rakyat (LEKRA) dari PKI, Lembaga kesenian nasional (LKN) dari PNI. Dalam hal ini, fakta dari lembaran sejarah tersebut menyatakan bahwa pencak silat di Indonesia tidak pernah terlibat dalam dunia politik.

Tidak ada komentar: